Sumedanglarang (721-778 M)
Terahing Raja medal ka dunya dipapag caang bulan narawangan mega taya aling-aling ditaretes bentang baranang, manjangkeun galura kabagjaan para pangagung Tembong Agung. Buah Panglamunan Aji Putih ngajangelek jadi satria pandita, dedeg rupa hade, binekas leber jajaten nuluykeun tapak lacak ramana. Prabu Tajimamlela nu namina Brata Kusuma.
Brata Kusuma putra sulungna Prabu Aji Putih ti garwana Dewi Nawang Wulan alias Nyi Mas Ratu Inten. Jauh sa teu acan ngagentos ramana janten raja, Brata Kusuma ninggalkeun karaton milari elmu, jang pikeun jadi pamimpin nagara. Dina hiji Mangsa Brata Kusuma diparentah ku rama maguron ka hiji jalmi Resi Sakti nu netep di tutugan Gunung Cakrabuana. Sanggeus jadi murid Resi Sakti di wirid elmu lahir jeung batin, tuluy ngawariskeun elmu tawajuh gunung anu lilana 21 poe 21 peuting pikeun nyampurnakeun kakuatan elmuna.
Brata Kusuma ninggalkeun tempat patapaanna ngajugjug gunung-gunung anu dimaksud, ta ya lian nyaeta Gunung Penuh, Gunung Palasari, Gunung Puyuh, Gunung Merak, Gorowong, Gunung Nurmala (Sangkan Jaya), Gunung Simpay, jeung Gunung Lingga.
Sanggeus ngalaksanakeun parentah gurunan mulang ka karaton Tembong Agung. Dina mangsa caang bulan Brata Kusuma diistrenan jadi pamangku karajaan Tembong Agung gegelarna Prabu Tajimalela. Sabada jeneng nata nikah ka Dewi Mayakasih atawa nu sok disebat Gandrunia atawa Rangga Wulung terah Raja Saunggalah, ngalahirkeun Jayabrata (Lembu Agung/Peteng Aji), Atmabrata (Gajah Agung), jeung Mariyajaya (Sunan Ulun)
Dedeg lanjer jaya perang di Buana Pancatengah, ulun santri demang Raja Prabu Tajimalela nu murba di Darmaraja. Kalimat eta natrat dina elmu kadarmarjaan misilna netelakeun Prabu Tajimalela gagah sakti madragunana mangulang-manguling, ngawasa elmu perang geus mawa kana kajayaan nagara, raja dipiajrih netepna di Darmaraja, ngalandi karajaan ditelahkeun "Sumedang Larang". Asal tina kecap "insun madangan". ingsun = kawula, madang = padang, caang, tampak, terang (hirup)
Pangna nyebutkeun ingsun medangan lantaran nalika tatapa di Gunung Lingga ninggal cahaya gumulung lir ibarat ulekan, mulih diluhureun Gunung dumadakan ngebrak caang, disaksian ku pangawalna Darmawisesa (penj. Darma Kusuma raina Prabu Aji Putih) jeung Kuntawisesa (penj. Gedeng Waru, mertuana Prabu Gajah Agung), tuluy ngalisan "Ingsun medangan Larang Tapa" anu hartina kaula nempo cahaya nyorot patapaan watekna ngebrak Caang. Tandaning "kaula kudu nyaangan". Nu disebut larang nyaeta tempat langka disaba ku manusa atawa kabuyutan diuger ku pahingan.
Aya anu nyebutkeun, dina awal pamarentahanana Prabu Tajimalela muka palabuhan pameuntasan Cimanuk di daerah Lebaksiuh.
Aria Bimaraksa nitipkeun padepokan ka putrana nyaeta Astajiwa, ku sabab diangken ku prabu Permana di Kusumah/Ajar Padang, tuluy Aria Bimaraksa diangkat jadi Patih Galuh Kawali, ngan teu lila, ku sabab Prabu Permana di Kusumah ninggalkeun karaton jeung Aria Bimakrasa ka Darmaraja deui.
Dedeg lanjer jaya perang di Buana Pancatengah, ulun santri demang Raja Prabu Tajimalela nu murba di Darmaraja. Kalimat eta natrat dina elmu kadarmarjaan misilna netelakeun Prabu Tajimalela gagah sakti madragunana mangulang-manguling, ngawasa elmu perang geus mawa kana kajayaan nagara, raja dipiajrih netepna di Darmaraja, ngalandi karajaan ditelahkeun "Sumedang Larang". Asal tina kecap "insun madangan". ingsun = kawula, madang = padang, caang, tampak, terang (hirup)
Pangna nyebutkeun ingsun medangan lantaran nalika tatapa di Gunung Lingga ninggal cahaya gumulung lir ibarat ulekan, mulih diluhureun Gunung dumadakan ngebrak caang, disaksian ku pangawalna Darmawisesa (penj. Darma Kusuma raina Prabu Aji Putih) jeung Kuntawisesa (penj. Gedeng Waru, mertuana Prabu Gajah Agung), tuluy ngalisan "Ingsun medangan Larang Tapa" anu hartina kaula nempo cahaya nyorot patapaan watekna ngebrak Caang. Tandaning "kaula kudu nyaangan". Nu disebut larang nyaeta tempat langka disaba ku manusa atawa kabuyutan diuger ku pahingan.
Aria Bimaraksa nitipkeun padepokan ka putrana nyaeta Astajiwa, ku sabab diangken ku prabu Permana di Kusumah/Ajar Padang, tuluy Aria Bimaraksa diangkat jadi Patih Galuh Kawali, ngan teu lila, ku sabab Prabu Permana di Kusumah ninggalkeun karaton jeung Aria Bimakrasa ka Darmaraja deui.
Prabu Permana di Kusumah anu saterusna tatapa gumulung dirina jeung alamna di Gunung Padang, kitu deui harita Ciung Wanara (Suratama) nu nurunkeun para raja di karajaan Pajajaran, mangsa keur leutikna milu kanu jadi ka aki ti gigirna nyaeta Aria Bimaraksa oge nu jadi pamanna nyaeta Prabu Aji Putih, diajar elmu kahirupan jeung kahuripan pikeun katata-nagaraan (tilu tangtu atawa tilu katangtuan; tilu tangtu disalira, tilu tangtu di balarea, jeung tilu tangtu di buana Sunda - ri Medang Jati atawa Galuh).
Harita karaton dipasrahkeun ka dulurna nu jadi patihna nyaeta Tamperan Barmawijaya, nu ahirna nimbulkeun perang campuh nu ka dua dina mangsa Raden Suratoma geus nincak Gede, ku alatan Ciung Wanara nu hak nuluykeun kakawasaan di Galuh, anu diawali ku salingkuhna Tamperan Barmawijaya jeung garwana prabu permana di Kusumah nyeata Dewi Pangrenyep, kusabab rajin tatapa.
Cinta buta Tamperan jeung kasepianana Dewi Pangrenyep kusabab sering ditinggal tatapa nya miboga budak nyaeta Aria Bangah, nu ahirna micu Tamperan jadi haus kakakuasaan jeung ngutus telik sandi nu pikeun maehan Permana Di Kusumah di patapaan. Jang ngahilangkeun jejak telik sandina nu niwasan Permana Dikusumah ahirna ditiwasan oge eta telik sandi teh ku Tamperan di Galuh. Satutasna tiwasna Permana Dikusumah, Tamperan nguasai Sunda jeung Galuh sarta 2 istri Permana Dikusumah nyaeta Dewi Pangrenyep jeung Dewi Naganingrum.
Harita karaton dipasrahkeun ka dulurna nu jadi patihna nyaeta Tamperan Barmawijaya, nu ahirna nimbulkeun perang campuh nu ka dua dina mangsa Raden Suratoma geus nincak Gede, ku alatan Ciung Wanara nu hak nuluykeun kakawasaan di Galuh, anu diawali ku salingkuhna Tamperan Barmawijaya jeung garwana prabu permana di Kusumah nyeata Dewi Pangrenyep, kusabab rajin tatapa.
Cinta buta Tamperan jeung kasepianana Dewi Pangrenyep kusabab sering ditinggal tatapa nya miboga budak nyaeta Aria Bangah, nu ahirna micu Tamperan jadi haus kakakuasaan jeung ngutus telik sandi nu pikeun maehan Permana Di Kusumah di patapaan. Jang ngahilangkeun jejak telik sandina nu niwasan Permana Dikusumah ahirna ditiwasan oge eta telik sandi teh ku Tamperan di Galuh. Satutasna tiwasna Permana Dikusumah, Tamperan nguasai Sunda jeung Galuh sarta 2 istri Permana Dikusumah nyaeta Dewi Pangrenyep jeung Dewi Naganingrum.
Sumber sejen netelakeun Prabu Tajimalela sajaman jeung Ciung Wanara (Rd. Suratama) atawa Raja Galuh Karangkamulyaan. Umurna sawawa teu beda jauh jeung kungsi babarengan waktu Ciung Wanara diasuh ku Aria Bimaraksa waktu netep di Bagala Asih Panyipuhan. Samemeh Ciung Wanara (Suratama) jeneng nata nyekel tampuh karajaan karangkamulyaan Kawali Ciamis ngagulingkeun kakawasaan Prabu Tamperan Barmawijaya (Raja Bondan) nu ngawasa karajaan Sunda jeung Galuh, didukung ku pasukan Prabu Tadjimalela wadyabalad Sumedang ditambah ku wadya balad pasukan Limbangan Garut. Nu ahirna ngajadikeun perang campuh/gede antara Ciung Wanara (Raden Suratoma) jeung adi terena Arya Bangah (Hariang Banga), kusabab Aria Bangah menta bantuan ti Karajaan Kalingga Utara.
Prabu Tajimalela nikah sareng Dewi Mayakasih (Dewi Rangga Wulung). ti garwana lahir tilu putra, nyaeta Jayabrata, Atmabrata sareng Mariyajaya nu ngarupakeun cikal-bakal pembesar Kerajaan Sumedang Larang. Satutasna nyepeng karajaan nu cukup lila, Prabhu Tadjimalela lengser janten rajana.
Dina taun 778 Masehi Prabu Tajimalela lengser kaprabon, kakawasaan diserenkeun ka putrana Jayabrata gegelarna Prabu Lembu Agung (778-839 M). Prabu Tajimalela ngaresi, dina ngalaksanakeun pancen karesiannana nyebarkeun agama ka saban tempat, tuluy nyampurnakeun elmuna di Gunung Lingga.
Nalika ngaresi nyiptakeun elmu kasumedangan (Tassawuf) jeung Putika Kasumedangan atawa atikan Tatakrama urang Sumedang.
Nepi ka ayeuna Gunung Lingga pada ngadeugdeug ku jalma ngadon ngado'a, riyadoh atawa nawassulan. Rea anu nyebutkeun Prabu Tajimalela resi pinuji jembar ku kaelmuan, arif bijaksana.
Prabu Lembu Agung
Garis besar cerita adalah sebagai berikut. Prabu Lembu Agung alias Jayabrata setelah berusia remaja diperintahkan oleh ayahnya untuk belajar ilmu jurus (ilmu bela diri/pencak silat) dan ilmu kebatinan kepada Resi Sakti di Gunung Cakrabuana. Hal itu dimaksudkan agar Jayabrata memiliki kekuatan diri sebagai bekal untuk menjadi pemimpin (raja).
Jayabrata diterima oleh Resi Sakti sebagai muridnya dan diwarisi berbagai ilmu. Setelah Jayabrata dianggap cukup menguasai ilmu dari gurunya, sang guru berpesan agar Jayabrata tidak sombong karena memiliki ilmu, dan ilmu itu tidak digunakan semena-mena. Resi Sakti juga menjelaskan bahwa muridnya diberi nama Jayabrata, sesuai dengan cita-cita ayahnya agar ia kelak menjadi raja yang dapat meningkatkan kejayaan dan kebesaran Kerajaan Tembong Agung. Selanjutnya Resi Sakti mengijinkan Jayabrata untuk kembali ke keraton. Jayabrata ternyata tidak mengindahkan nasehat gurunya. Dalam perjalanan pulang, ia ingin membuktikan kehebatan ilmu yang telah dimilikinya melalui adu kesaktian. Di suatu kampung, Jayabrata menantang para jawara (pendekar) yang sedang menggelar seni bela diri ujungan. Dalam waktu singkat ia mampu mengalahkan para jawara. Kemenangan itu menyebabkan Jayabrata menjadi sombong. Ia tidak segera pulang, melainkan berkelana untuk mengadu kesaktian dengan jawara-jawara di berbagai perguruan seni bela diri.
Tindakan Jayabrata itu tersiar ke berbagai daerah, antara lain ke daerah Pagerucukan dan mengusik seorang pendekar bernama Lembu Landak, murid Resi Bangbayang, yang baru selesai bertapa. Lembu Landak mencari Jayabrata dan bertemu di tepi situ (danau) Pagerucukan, danau terbesar di wilayah Kerajaan Tembong Agung. Kedua pendekar itu langsung bertarung adu kesaktian. Ternyata Jayabrata kalah, kemudian lari ke Gunung Cakrabuana meminta perlindungan gurunya. Jayabrata mendesak gurunya untuk mewariskan ilmu pamungkas yang disebut Ilmu Tapak Suci, guna mengalahkan Lembu Landak. Ilmu Tapak Suci adalah ilmu pemusnah roh jahat dan pemusnah hawa napsu. Resi Sakti mengatakan bahwa ilmu tersebut dimiliki oleh ayah Jayabrata, Prabu Tajimalela. Oleh karena itu, Jayabrata segera menuju keraton dan meminta ayahnya mewariskan Ilmu Tapak Suci. Untuk memperoleh ilmu itu, Jayabrata diperintahkan oleh ayahnya melakukan tapabrata di mata air Situ Pagerucukan selama 40 hari 40 malam.
Ketika Jayabrata sedang bertapa, muncul sosok Resi dan memberi penjelasan, bahwa “Ilmu Tapak Suci hakekatnya adalah kebaikan sejati dalam diri sendiri. Kesucian adalah taat kepada perintah Tuhan. Roh-roh yang telah disucikan oleh Tuhan akan mendampingi, membimbing, dan memberi kekuatan kepada orang yang telah memiliki kesucian dalam dirinya, telah mampu menjauhkan diri dari perbuatan dosa.” Selanjutnya, dari kedua mata Resi keluar sinar kuning. Sinar itu menembus dahi Jayabrata, sehingga ia merasakan adanya keganjilan pada dirinya.
Timbul kesadaran yang kuat untuk mengurungkan niat balas dendam terhadap musuhnya (Lembu Landak). Akan tetapi, ketika Jayabrata akan meninggalkan tempat bertapa, muncul Lembu Landak yang langsung menyerangnya. Kali ini Jayabrata berhasil mengalahkan musuhnya. Lembu Landak menyerah dan bersumpah untuk menjadi pengikut Jayabrata. Lembu Landak kemudian diangkat menjadi petinggi di daerah Pagerucukan (Situraja).
Prabu Gajah Agung
Suksesi kepemimpinan (tradisi pewarisan tahta kerajaan) yang menyangkut, kearifan, etika, kewajiban pemimpin, dan ajaran kepemimpinan. Diceritakan bahwa Prabu Tajimalela menghadapi kebingungan dalam mewariskan tahta kerajaan. Hal itu disebabkan ia akan segera lengser dari kedudukannya sebagai raja. Namun ia merasa bingung, kepada putra yang mana tahta itu harus diserahkan, kepada Jayabrata, putra sulung atau kepada adiknya, Atmabrata. Permasalahannya adalah, kedua putranya memiliki hak yang sama untuk menerima tahta kerajaan. Namun Prabu Tajimalela menyadari benar, bahwa mengelola negara harus oleh ahlinya.
Oleh karena itu, dari segi ilmu, Atmabrata lebih layak menerima tahta kerajaan, karena ia menguasai ilmu kepemimpinan. Sebaliknya, Jayabrata lebih menguasai ilmu agama. Akan tetapi, menurut tradisi yang sudah mapan, putra sulung laki-laki memiliki prioritas untuk menerima tahta kerajaan.
Dalam menghadapi masalah tersebut, Prabu Tajimalela bertindak sangat arif. Ia memerintahkan kedua putranya untuk bertapa di Gunung Sangkanjaya, selama 21 hari 21 malam, dengan syarat masing-masing membawa sebuah duwegan (buah kelapa muda). Dijelaskan bahwa setelah selesai bertapa, duwegan itu harus dibelah oleh Pedang Kamkam, senjata pusaka kerajaan. Bila duwegan itu berisi air, pertanda pemiliknya yang berhak menjadi raja.
Ternyata, yang berisi air adalah duwegan milik Atmabrata, sedangkan duwegan milik Jayabrata tidak berair. Berdasarkan simbol itu, Prabu Tajimalela memutuskan Atmabrata menjadi pewaris tahta kerajaan. Putusan itu disetujui secara ikhlas oleh Jayabrata. Namun Atmabrata menolak, karena hal itu melanggar tradisi pewarisan tahta kerajaan.
Jayabrata tidak setuju atas pendirian adiknya, karena sabda raja merupakan hukum yang harus dipatuhi. Perbedaan pendapat itu mengakibatkan terjadinya konflik, bahkan pertarungan kakak lawan adik selama sebulan. Perselisihan kakak beradik itu dapat diatasi oleh Patih Usuro. Prabu Tajimalela sangat menghargai sikap Atmabrata yang tetap hormat kepada sang kakak dan teguh memelihara tradisi kerajaan. Akhirnya Jayabrata menerima putusan bahwa dia lah menjadi raja menggantikan ayahnya. Jayabrata menyatakan “darma ngarajaan”. Maksudnya, ia terpaksa menjadi raja memenuhi putusan ayahnya dan persetujuan adiknya.
Sehubungan dengan pernyataan putranya itu, Prabu Tajimalela menjelaskan makna filosofis darma, bahwa darma adalah inti ajaran kepemimpinan. Menurut darma sebagai ajaran, pemimpin yang baik harus mampu menjabarkan ciri-ciri kepemimpinan yang ideal, yaitu tenger, pancer, tanjer, jejer, uger, dan lilinger. Tenger artinya memahami jati diri; pancer maksudnya memiliki kepribadian. Tanjer adalah wawanén (keberanian). Jejer maksunya pemerintahan yang baik. Uger maksudnya melaksanakan aturan, yaitu aturan aturan nagara, agama, dan tatali paranti karuhun (tradisi nenek moyang). Lilinger maksunya pandangan ke masa depan. Filosofi itulah yang ditanamkan oleh Prabu Tajimalela kepada putra-putranya. Rupanya mengacu pada kata darma dan pengertiannya itulah, wilayah pusat pemerintahan Kerajaan Tembong Agung kemudian disebut Darmaraja.
Diceritakan, Jayabrata dinobatkan menjadi raja Kerajaan Sumedang Larang dengan gelar Prabu Lembu Agung. Ia beristri Banon Pujasari, masih keturunan kakeknya Prabu Aji Putih.
Sementara itu, Atmabrata mendapat perintah dari ayahnya untuk mencari pohon menyan yang tumbuh di tepi sungai. Bila sudah ditemukan, tempat itu harus dibuka menjadi pemukiman. Atmabrata menemukan pohon menyan di tepi Sungai Cipeles. Sesuai dengan perintah ayahnya, Atmabrata membuka daerah itu menjadi pemukiman. Banyak orang dari daerah lain datang ke tempat itu mencari lahan untuk bertani (bersawah atau ngahuma/berladang). Mereka mendirikan rumah sederhana sebagai pasanggrahan (tempat istirahat). Itulah sebabnya pemukiman tersebut kemudian bernama Kampung Pasanggrahan, dipimpin oleh Atmabrata sebagai ketua kampung. Atmabrata tidak lama menjadi ketua kampung, karena diminta oleh kakaknya untuk kembali ke keraton. Setelah kakanya lengser dari kedudukannya sebagai raja, pemerintahan kerajaan dilanjutkan oleh Atmabrata dengan gelar Prabu Gajah Agung.
Sumber :
Buku Rucatan Budaya Sunda Kadarmarajaan, WD Darmawan Ider Alam Ki Wangsa.
Post a Comment